25 Juli 2015

Terima Kasih Maha Rencana

Semua berawal dari yang kau rasakan
Dari hanya kisah kecil yang kau alami
Dia memberi makna

Peristiwa tak bicara dengan kata terbuka
Bukalah mata rasa yang kau punya
Agar kau tahu artinya




Segala yang kau rasa
Niscaya disana ada makna
Segala peristiwa
Tunjukan nuansa




Bisakah kau katakan yang terjadi kebetulan belaka ?
Semesta memberi makna dalam Maha Rencana
Peristiwa tak bicara dengan kata terbuka
Bukalah mata rasa yang kau punya
Agar kau tau artinya

Semua akan terbuka jika kita lebih mau merasa
Ubahlah cara kerja alamiah alam pikiran kita




(Maha Rencana-Cupumanik)



Sesiang ini aku menjejali diri untuk mendengarkan lagu dari Cupumanik itu. Distorsi grunge yang dibalut dengan lirik lagu yang merasuk ke jiwa membuatku ingin memutar ulang terus lagu itu.

Apa yang disampaikan Cupumanik dalam lagu itu membuat kita harus merenung dalam. Setiap hal di kehidupan kita niscaya memberi makna. Segala peristiwa, apapun itu yang pernah kita alami adalah bagian dari apa yang dituliskan sang Maha Rencana.


Kita tak akan pernah tahu apa yang akan kita alami satu jam ke depan, nanti malam, besok pagi, sehari nanti, atau lusa. Kita tak akan pernah tahu kita akan bertemu siapa di jalan, di pasar, di halte, di kereta, di gunung, di masjid, dimana pun kita tak pernah tahu. Kita tak pernah tahu rezeki apa yang akan kita terima. Kita tak akan pernah tahu siapa jodoh kita. Kita tak akan pernah tahu kita akan terus sehat atau menjadi sakit. Kita tak tau kita akan menjadi kaya atau miskin. Kita tak pernah tau musibah apa yang akan kita alami. Kita tak akan pernah tau kita akan bahagia atau menderita. Kita tak akan pernah tahu sampai kapan kita hidup. Kita sebagai manusia hanya bisa membuat rencana-rencana yang kita inginkan. Tapi dibalik rencana-rencana kita sebagai manusia. Sang Maha Rencana sudah menuliskan rencananya. Mungkin yang perlu kita lakukan adalah belajar berprasangka baik atas rencana-rencanaNYA. Belajar mengambil makna dari setiap peristiwa yang kita alami.

Terima kasih untuk Cupumanik, yang telah membuat lagu keren ini. Yang mengajariku untuk selalu mengambil makna dari setiap peristiwa hidup yang kualami.

Siang. Panas. Terik matahari. Debu-debu beterbangan. Catatan dari kamar kusam.

25/07/2015