4 Juni 2015

Kehilangan

"Kita tuan pada masing-masing kehilangan-kehilangan." (Sisir Tanah-Obituari Air mata)

Setiap orang pasti pernah kehilangan. Entah kehilangan apa saja. Kehilangan harta-benda, kehilangan keluarga, sahabat/teman, pacar. Kehilangan cinta. Kehilangan kesempatan. Kehilangan waktu. Dan masih banyak lagi hal-hal yang sering hilang dari kita.

Tapi sejatinya jika kita mau berpikir atau merenungi lebih dalam, sejatinya kita tak pernah kehilangan. Sering kali kesalahan kita adalah kita merasa kehilangan. Dan semua itu berawal dari sifat kita yang merasa memiliki. Padahal sejatinya dalam hidup ini kita tidak memiliki apa-apa. Semua hanya titipan, ketika yang Maha Memiliki itu mengambil apa yang dititipkan ke kita seharusnya kita mengembalikannya dengan senang hati. Bukan malah merasa kehilangan atau mungkin sedih bahkan marah. Karena dengan diambilnya apa yang dititipkanNya pada kita, berarti kita malah bisa belajar melepaskan diri kita dari hal-hal dunia.

Ya, sulit memang. Aku sendiri pun masih sering merasa kehilangan dengan hal-hal yang sebenarnya sepele. Hal-hal yang sebenarnya hanya duniawi. Aku menulis ini untuk mengingatkan diriku sendiri jika kelak aku mengalami sebuah kehilangan. Kehilangan-kehilangan yang kita rasakan sejatinya adalah akibat dari diri kita sendiri yang merasa memiliki.
 
"Kita tuan pada masing-masing kehilangan-kehilangan."