5 Juni 2015

Mari Menanam

Tanam tanam tanam kita menanam 
Tanam pohon kehidupan 
Kita tanam masa depan
(Iwan Fals)

Potongan lirik lagu dari Bang Iwan itulah yang menjadi salah satu inspirasiku untuk menanam pohon. Selain memang aku sudah lama mencintai alam, udara segar, dan lingkungan yang hijau. Dulu aku sering naik gunung untuk mendapatkan udara segar, untuk melihat alam yang masih asri, melihat rimbunnya hutan yang hijau. Tapi sekarang gunung-gunung mulai ramai oleh banyaknya para pendaki atau wisatawan yang ingin eksis. Mereka juga ingin menghirup udara segar pegunungan. Ingin mencium aroma tanah basah dan daun-daunan di hutan. Ingin merasakan sensasi petualangan. Lalu pulang dengan berbagai pengalaman, kenangan-kenangan, dan foto-foto yang membanggakan.
 

Oleh karena itu aku mulai mencari kegiatan lain yang lebih sederhana dan bisa dinikmati hampir setiap hari. Tidak perlu harus jauh-jauh ke gunung yang sekarang sudah mulai padat oleh para pendaki. Kegiatan itu adalah menanam. Ya, menanam pohon. Cukup di pekarangan rumah, karena aku tidak mempunyai banyak lahan tanam. Menanam di pot bisa menjadi alternatif untuk membuat lingkungan rumah kita terlihat hijau.

Sebulan lalu aku membeli dua bibit tanaman pucuk merah atau yang dalam bahasa latinnya
Syzygium oleana. Dua bibit tak masalah untuk mengawali kegiatan ini, semoga bisa berkelanjutan. Tanaman ini sedang banyak digandrungi. Bahkan tanaman ini banyak digunakan untuk penghijauan di taman-taman kota. Memang tanaman ini terlihat cantik dengan pucuk-pucuk tunas daunnya yang berwarna merah tua. Membuat lingkungan sekitarnya terlihat segar. Aku menanam dua bibit tanaman itu di halaman rumah dengan pot. Cara menanamnya mudah dan perawatannya juga sederhana. Cukup disiram setiap hari, sangat mudah.

Menanam bagiku adalah kegiatan yang sangat menyenangkan. Setiap hari menyiram tanaman itu, mengamati pertumbuhannya. Ketika tunas-tunas muda daunnya mulai tumbuh, melihat hal itu adalah sebuah kebahagiaan tersendiri yang sederhana.
Menanam juga memiliki banyak keuntungan. Kita sama saja memiliki sebuah 'mesin penghasil oksigen' di halaman rumah kita. Selama kita terus merawat pohon yang kita tanam. Selama pohon yang kita tanam terus hidup dan tumbuh, selama itu juga pohon itu akan menghasilkan udara bersih untuk kita. Dimana tingkat polusi udara sekarang sudah dalam tahap yang menkhawatirkan. Menanam pohon di halaman rumah atau di lingkungan sekitar kita adalah salah satu solusi sederhana agar udara bersih tetap tersedia untuk kita dan lingkungan.

Menanam juga merupakan sebuah pelajaran berharga untuk diri kita sendiri khususnya dan untuk anak cucu kita kelak. Dari menanam pohon kita bisa belajar tentang kehidupan. Setiap hari kita menyiram tanaman atau pohon-pohon yang kita tanam dengan air yang bersih dan juga memupuknya agar tanaman itu tumbuh subur. Kita juga harus merawatnya dengan memangkas daun-daunnya yang sudah tua atau layu agar tanaman itu terlihat indah. Begitupun dengan hidup kita, kita harus terus berusaha menyiraminya setiap hari dengan kebaikan-kebaikan. Melakukan hal-hal baik walaupun sederhana agar kita juga memperoleh kebaikan di masa depan. Karena apa yang kita tanam, itulah yang akan kita tuai. Kita juga harus berusaha sedikit demi sedikit memangkas atau mengurangi sifat-sifat jelek kita. Semua manusia tak bisa lepas dari sifat jelek, semua pasti memilikinya. Tapi kita bisa mengurangi atau meminimalkan sifat-sifat itu agar hidup kita semakin indah.

Tanaman yang kita tanam di halaman rumah juga bisa menjadi guru bagi anak-anak atau cucu-cucu kita nantinya. Bagaimana kita harus merawat hidup kita seperti kita merawat tanaman itu.
Dan halaman rumah yang asri, banyak tanaman hijau yang indah akan menjadi tempat bermain yang menyenangkan untuk anak-anak dan cucu-cucu kita kelak.


Menanam dan merawat tanaman adalah kegiatan yang menyenangkan. Sebuah kebahagiaan sederhana yang bisa kita nikmati hampir setiap hari. Mari menanam.
Selamat Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Mari menikmati hari ini dengan mendengarkan lagu dari Bang Iwan-Tanam Siram,
 
Tanam tanam tanam kita menanam 
Tanam pohon kehidupan 
Kita tanam masa depan
Tanam tanam tanam kita menanam 

Jangan lupa disiram
Yang sudah kita tanam
Siram siram siram yo kita siram 

Apa yang kita tanam 
Ya mesti kita siram
Tanam tanam pohon kehidupan 

Siram siram sirami dengan sayang 
Tanam tanam tanam masa depan 
Benalu benalu kita bersihkan
Biarkan anak cucu kita belajar dibawah pohon 

Biarkan anak cucu kita menghirup udara segar 
Biarkan mereka tumbuh bersama hijaunya daun 
Jangan biarkan mereka mati dimakan hama kehidupan
Tanam tanam tanam ...siram 

Tanam tanam tanam ... oi 
Tanam tanam tanam ... siram 
Tanam tanam tanam